Mojomati (12/11/2023). Dalam era modern yang didominasi oleh teknologi digital, pemasaran melalui platform online telah menjadi alat yang ampuh bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas jangkauan pasar. Desa Mojomati, sebuah desa yang memiliki sejumlah UMKM yang beragam dan berkualitas, tetapi sering kali terbatas dalam hal pemasaran. Kurangnya pengetahuan penggunaan teknologi pemasaran secara online serta belum memahami pengelolaan usaha melalui website, media sosial maupun marketplace, sehingga produk yang dijual hanya dikenal lokal setepat karena menggunakan metode pemasaran konvensional seperti penjualan langsung di pasar lokal, warung, atau dari mulut ke mulut. Hal ini yang menjadi dasar Pemdes untuk medorong dan medukung para pelaku Umkm, dan melakukan kegiatan pelatihan digital marketing yang diikuti oleh 40 peserta pelaku UMKM Di Desa Mojomati. yang terdiri dari karang taruna dan ibu-ibu PKK seta masyarakat lainya. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam pengenalan digital marketing dan strategi pemasaran secara online. Metode pelatihan ini menggunakan pendekatan kepadaa pelaku untuk meneliti berbagai permasalahan yang dihadapi di bidang bisnis dan kewirausahaan tentang pemasaran digital.

Kegiatan diawali dengan menjelaskan digital marketing, macam-macam digital marketing, serta praktek penggunaan digital marketing kepada pelaku UMKM. Adapun strategi digital marketing yang diberikan meliputi:

  1. Menentukan Target Pasar
  2. Brending Produk
  3. Membuat akun shopee
  4. Mempromosikan melaui Media Sosial (Instagram, TikTok, Facebook, E-commerce, serta WhatsApp Business)

Pelatihan digital marketing pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM. Dengan adanya program kerja tersebut harapannya UMKM di Desa Mojomati mampu menerapkan strategi digital marketing dan membawa perubahan positif melalui transformasi digital. Selain sebagai alat pemasaran, tetapi juga sarana untuk memajukan UMKM, mempromosikan budaya lokal, dan menggerakkan ekonomi lokal.