Pelaksanaan Program P3-TGAI di Desa Mojomati

Dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, kegiatan Program Percepatan Peningkatan tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) sebagai kegiatan Padat karya pemerintah yang dalam hal ini Kementrian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo terus ditingkatkan.

P3-TGAI merupakan kegiatan padat karya irigasi yang pekerjaannya meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi agar memperhatikan kebutuhan, kesulitan dan aspirasi laki-laki dan perempuan, lansia, disabilitasdan masyarakat berkebutuhan khusus. Kegiatan P3-TGAI yang meliputi kegiatan perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, dan tentunya sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat saat musim Pandemi Covid-19. pada tahun 2021 Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Terto Lestari desa Mojomati Kecamatan Jetis Kab. Ponorogo mendapatkan Program P3-TGAI untuk meningkatkan saluran irigasi persawahan yang diharapkan dapat memperlancar dan meningkatkan salurai irigasi persawahan yang dapat mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani sehingga dapat memakmurkan usaha tani di desa Mojomati. P3-TGAI Desa Mojomati termasuk dalam wikayah Daerah Irigasi (DI) Kori yang memiliki luas 48 Ha. Kegiatan ini bermanfaat bagi Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Terto Lestari yakni pengembalian fungsi lahan yang semula seluas 42 Ha menjadi 48 Ha, Penambahan Indeks Pertanaman (IP) semula 50% menjadi 70%, dan meningkatkan keterampilan dalam mengelola jaringan irigasi,

Dalam pelaksanan pengerjaan program peningkatan saluran irigasi mengunakan para pekerja dari warga desa Mojomati sehingga program ini benar benar sangat bermanfaat bagi para petani dan warga desa Mojomati selain meninggkatkan saluran irigasi dan pemanfaatan untuk peningkatan hasil pertanian tetapi juga progam ini sangat memnbantu menambah penghasilan di masa pandemi sekarang ini.

Semoga petani di desa Mojomati yang menjadi pekerjaan utama para warga desa bisa semakin meningkat hasilnya dan semakin sejahtera selaras dengan apa yang dikatakan bpk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada waktu kunjungan kerja di wilayah kecamatan Jetis pada saat persmian waduk Bendo yang diresmikan Bpk Presiden Joko Widodo. petani sejahtera indonesia Maju.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*