Aksi kerjasama Babinsa, Babinkamtibmas dan Warga Desa Mojomati dalam Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona

LAWAN CORONA, SATGAS COVID-19  DESA MOJOMATI LAKUKAN PENYEMPROTAN DESINFEKTAN

 

MOJOMATI – Penyebaran virus corona semakin hari kian signifikan dan memakan banyak korban. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona. Seperti yang dilakukan pemerintah desa Mojomati beserta tim Satgas Covid-19 bersama seluruh elemen masyarakat hari ini, Minggu (05/04). Pukul 07.30 nampak Pemerintah Desa, Babinsa serta Babinkamtibmas, para ketua RT, beberapa pemuda dan masyarakat umum telah berkumpul di balai desa Mojomati untuk melakukan penyemprotan desinfektan. Puluhan botol cairan pembersih lantai dan cairan pemutih berjajar di salah satu sudut teras balai desa. Tak lupa tangki penyemprot dan puluhan liter air juga telah disiapkan.

Penyemprotan ini telah dilakukan 2 kali dalam 2 pekan ini. Setelah Jum’at (27/03) lalu dilakukan penyemprotan desinfektan yang pertama sekaligus pengecekan jentik-jentik nyamuk di rumah warga serta pemasangan tempat cuci tangan di tempat-tempat umum. “Mari bersama-sama kita cegah penularan virus Corona ini. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin dan dengan menjaga pola hidup sehat serta rajin cuci tangan.” Ungkap Aang Budiantoro selaku kepala desa Mojomati dalam sambutannya pada acara pembukaan pagi ini. Masyarakat yang dibagi menjadi beberapa tim ini menyebar ke seluruh wilayah desa Mojomati. Penyemprotan dilakukan di rumah-rumah warga, masjid, musholla, dan tempat-tempat umum seperti warung dan toko.

“ Virus Corona… No! Mojomati…. Sehat!…..Mojomati……Hebat!!!” Teriak Kepala Desa Mojomati memimpin yel-yel sambil mengepalkan tangan dalam rangka memberikan semangat kepada seluruh tim penyemprotan desinfektan. Sebelum berangkat, masyarakat melakukan pemanasan dengan senam ringan dan meneriakkan yel-yel tersebut berkali-kali. Sementara itu, ketua Karang Taruna Nusa Bhakti, Veri Adi Wirawan berkeliling ke rumah-rumah warga untuk melakukan pengecekan suhu badan. Hal ini pun disambut antusias oleh warga. Karena mereka tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan pengecekan mandiri. Namun demikian, Veri juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bisa melakukan pengecekan mandiri dengan datang ke fasilitas kesehatan (polindes) atau ke posko pencegahan covid-19 yang berada di balai desa.

Masyarakat menyadari sepenuhnya bahwa virus corona ini telah menjadi musuh bersama yang harus kita perangi bersama-sama. Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah desa Mojomati untuk mencegah virus ini masuk ke desa Mojomati. Seperti pada penyemprotan yang pertama telah dipasang fasilitas cuci tangan di tempat-tempat umum, mendirikan posko pencegahan covid-19, dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahayanya virus ini, serta bagaimana cara mencegah dan yang terlebih penting mengedukasi masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi pandemi yang sedang melanda hampir seluruh penjuru dunia ini.

Channel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC1ToeuiRkfDJLfU1CXzslFw/

Penulis : Novi Noly

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*